Pertolongan Pertama Yang Dapat Anda Lakukan Saat Anak Demam Tipes

Pertolongan Pertama Yang Dapat Anda Lakukan Saat Anak Demam Tipes

Pertolongan Pertama Yang Dapat Anda Lakukan Saat Anak Demam Tipes  –  Penyakit tipes dapat menyerang siapa saja, tipes bisa dengan mudah menyerang manusia karena penyakit ini memang di sebabkan oleh bakteri. Tipes atau typus merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman salmonella typhi.

Penyakit tipes memang bisa berbahaya lantaran bakal mengakibatkan kematian. Jikalau tak diobati, kurang lebih 10% hingga 16 prosen orang yang menderita penyakit tipes ini bisa meninggal karena tidak diobati. Mengetahui gejala penyakit tipes sejak awal & serta-merta melaksanakan penanganan yaitu untuk mencegah akibat jelek yang dapat ditimbulkan dari penyakit tersebut.

Dokter Eveline P.N., Sp.A IBCLC dari RS Carolus mengatakan tifus adalah salah satu penyakit infeksi saluran pencernaan yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi. Kuman ini bisa terdapat di dalam makanan yang tidak bersih, khususnya makanan basah seperti bakso, siomay, es teler, es doger, atau mie ayam. Biasanya tifus dialami oleh anak-anak yang sering jajan di sembarang tempat.

Selain melalui makanan, penularan tifus juga bisa melalui tangan penderita yang tidak dicuci bersih. Misalnya jika Anda atau pengasuh terserang tifus dan menyiapkan makanan Si Kecil padahal tangan belum bersih, kuman tifus bisa menular kepada Si Kecil,” ucap dr. Eveline.

Gejala penyakit tipes

Gejala-gejala umum yang biasanya muncul ketika anak terserang tipes meliputi:

  • Demam tinggi (mencapai 40°C)
  • Sakit perut dan bisa disertai dengan diare
  • Merasa lemah, lelah, dan tubuh pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Nyeri tenggorokan
  • Sembelit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Pembesaran hati dan limfa
  • Munculnya lapisan di lidah

Seperti penyakit pada  umumnya, tipes juga harus mendapatkan pengobatan yang efektif dan ampuh. Penyakit tipes jika tidak cepat diobati, akan terjadi peradangan usus bahkan perforasi (perlubangan) jaringan yang terinfeksi. Pada kasus infeksi berat dapat menyebabkan kehilangan kesadaran diri kejang, dan koma.

Pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan pada anak, ketika ia terkena demam tipes ialah memberikan obat penurun demam disaat demam pertamakali menyerang. Tapi seandainya dalam jangkauan dua hari demam malah makin meninggi, ada baiknya buat cepat laksanakan perawatan lebih lanjut ke dokter. Perawatan ke dokter dapat diberikan di waktu demam tidak kunjung sembuh, & bahkan gejala-gejala lain muncul seperti pusing, sakit perut & nyeri terhadap bidang tubuh.

Jika penyakit tipes tidak segera diobati, penyakit ini dapat menyerang usus halus yang memunculkan luka usus, menembus dinding usus, masuk ke limpa & masuk ke dalam pembuluh darah dalam disaat 24-72 jam.Tipes ditandai banyaknya gejala klinis, seperti demam tifoid terutama terhadap sore & tengah malam hari, tubuh lemah, sakit kepala, radang tenggorokan, perut terasa tak enak, sembelit atau terkadang diare.

Pengobatan Tifus

Pengobatan tifus maupun bisa dilakukan baik di rumah maupun di rumah sakit, tergantung dari kesiapan pasien maupun orang yang mengasuhnya. Pengobatan baik di rumah maupun rumah sakit biasanya berlangsung sekitar 2 minggu. Jangan lupa untuk memberikan asupan cairan yang cukup agar ia terhindar dari dehidrasi dan berikan makanan yang lunak dan mudah dicerna.

Jadi bagi Anda yang saat ini sedang mengalami demam tipes, Anda bisa melakukan pengobatan saat demam mulai terus meninggi. Cukup Sekian Informasi Pertolongan Pertama saat  Anak demam tipes semoga degan adanya artikel ini anda dapat terbantu dan bermanfaat, dan dapat menambah wawasan Anda.

Baca Juga Artikel Menarik lainnya Dibawah :

5 Obat Tradisional Untuk Penyakit Tipes

Obat Tipes Untuk Anak Dan Bayi | Terbukti Sembuh

Posted By : Obat Tipes Paling Ampuh

Pertolongan Pertama Yang Dapat Anda Lakukan Saat Anak Demam Tipes

Please follow and like us:
20

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *