Manfaat Lempuyang Untuk Menurunkan Demam Saat Tipes

Manfaat Lempuyang Untuk Menurunkan Demam Saat Tipes

Manfaat Lempuyang Untuk Menurunkan Demam Saat Tipes  –  Tahukah Anda dengan salah satu tanaman yang satu ini ? ya lempuyang, lempuyang sendiri merupakan salah satu tanaman yang sering di cari oleh banyak orang karena memiliki kandungan bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Lempuyang merupakan salah satu tanaman tradisional di Indonesia, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. kandungan yang terdapat dalam salah satu tanaman yang di atas, salah satunya adalah dapat membantu menurunkan demam. Lempuyang dari dulu memang terkenal sebagai obat tradisional, bahkan jika tanaman ini masih muda ada juga sebagaian orang yang menjadikannya lalap.

Pengertian tipes

Tipes sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat erat kaitannya dengan demam, demam ini merupakan salah satu gejala atau ciri orang yang terkena penyakit tipes. Demam tipes ini akan berbahaya jika tidak segera mendapatkan pengobatan yang efektif. Demam sendiri merupakan kenaikan suhu tubuh di atas suhu tubuh normal sehari-hari pada anak, biasanya anak dikatakan demam jika suhu tubuh diatas 37.50 C.

Bakteri penyebab tifus (tipes), Salmonella typhi, masuk ke usus melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi untuk kemudian berkembang biak di dalam saluran cerna. Demam tinggi, sakit perut, sembelit, atau diare akan timbul ketika bakteri ini telah berkembang biak.

Salah satu tanaman yang dapat Anda gunakan untuk membantu menurunkan demam tipes, Anda bisa memilih lempuyang ini. Pemanfaatan tumbuhan ini sangat populer di Indonesia karena manfaat dan khasiat dari kandungan yang terdapat didalamnya. Tanaman lempuyang ini merupakan jenis tumbuhan yang dimanfaatkan rimpangnya sebagai sarana pengobatan alami oleh sebagian masyarakat yang salah satunya adalah demam tipes.

Manfaat Lempuyang Untuk Menurunkan Demam Saat Tipes

Obat demam tradisional ini mengandung senyawa minyak atsiri yang mempunyai manfaat untuk menurunkan panas. Biasanya yang digunakan adalah rimpang dari tanaman ini yang berwarna putih kekuningan dan rasanya pahit. Cara membuatnya: Cuci 10 gram umbi lempuyang emprit sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1/2 gelas air panas pada parutan tersebut dan aduk rata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Campurkan dengan 2 sendok makan (sdm) madu bunga kapuk dan aduk rata. Berikan ramuan ini 3 kali sehari.

Nah jadi jika keluarga Anda mengalami demam, jangan panik ketika si kecil menderita demam dan suhu tubuhnya meningkat secara drastis. Memang kondisi ini dapat memicu kejang pada anak, jika tidak ditangani dengan segera. Rimpang lempuyang mengandung zat zerumbon yang bersifat anti kejang, sehingga efektif sebagai obat penurun panas.

Cara pembuatannyapun memang tergolong sangat mudah, karena pembuatan obat tradisional dengan menggunakan lempuyang ini tidak membutuhkan alat atau bahan lain yang susah di dapatkan. Penting Anda ketahui juga meskipun penggunaan tanaman lempuyang ini tidak mempunyai efek samping penggunaan namun kita tetap harus memerhatikan jumlah atau takaran dari lempuyang yang kita konsumsi supaya tehindar dari dampak negatif yang mungkin terjadi.

Nah itulah manfaat dari tanaman yang satu ini, yang dapat Anda praktekan di rumah semoga dengan adanya informasi yang dapat kami sampaikan saat ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung di halaman kami.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

5 Obat Tradisional Untuk Penyakit Tipes

Obat Tipes Untuk Anak Dan Bayi | Terbukti Sembuh

Posted By : Obat Tipes Paling Ampuh

Manfaat Lempuyang Untuk Menurunkan Demam Saat Tipes

Please follow and like us:
20

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *