Kenali 7 Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

Kenali 7 Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

Kenali 7 Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa  –  Anda pasti sudah tidak asing lagi mengenai penyakit tipes, karena penyakit tipes ini memang sering terjadi pada masyarakat. Tipes merupakan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi, yang masuk melalui makanan dan minuman. Penyakit tipes sering terjadi pada negara – negara yang berkembang karena cenderung lebih padat dengan kotoran, kotoran tersebut bisa saja tempat berhinggapnya bakteri penyebab tipes.

Pada tahun 2000, diperkirakan terdapat lebih dari 2,16 juta kasus Tipes di seluruh dunia, dengan angka kematian lebih dari 200.000 jiwa. Lebih dari 90% dari total kasus dan kematian tersebut justru terjadi di Asia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kasus Tipes diperkirakan terjadi sekitar 900.000 kasus per tahun, dengan angka kematian mencapai 20.000 orang per tahun.

Setelah bakteri penyebab tipes  masuk, maka bakteri tersebut akan langsung berkembang biak di dalam tubuh kita. Bakteri Salmonella Typhi akan merusak dinding usus, sehingga akan mengakibatkan kebocoran pada usus. Selain merusak dinding usus bakteri penyebab tipes juga akan menghambat sistem pencernaan, yang akan mengakibatkan terjadinya sembelit.

Apabila bakteri penyebab tipes telah masuk ke dalam tubuh kita, maka saat itu juga orang yang telah terkena bakteri penyebab tipes akan mengalami beberapa gejala – gejala seperti berikut ini :

Kenali 7 Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

1. Demam Tinggi

Demam tinggi merupakan gejala yang sering di jumpai oleh masyarakat yang terserang penyakit tipes. Pada kebanyakan kasus yang sering terjadi, demam merupakan gejala paling utama apabila ada orang yang terkena penyakit tipes. Demam biasanya dapat berhasil diobati dengan pengobatan yang efektif. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini dapat diobati di rumah, tapi pengobatan tersebut harus segera di lakukan sebelum kondisinya parah.

2. Kehilangan Nafsu Makan

Jika Anda sudah terkena bakteri penyebab tipes, Anda juga akan merasakan kehilangan nafsu makan. Selain karena alasan sakit, nafsu makan juga dapat berkurang karena efek dari obat-obatan medis yang sedang dikonsumsi seseorang, atau juga karena program diet menurunkan berat badan yang sedang dijalankan. Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan turunnya nafsu makan secara drastis.

3. Terjadinya Bintik – bintik Di Kulit 

Apabila Anda terserang penyakit tipes Anda juga akan mengalami gejala bintik – bintik di kulit yang berwarna merah. Bercak merah muncul pada kulit setelah beberapa hari Anda terkena baktei penyebab tipes. Bercak yang muncul biasanya pada bagian dada, muka lengan dan bagian tubuh lainnya. Hampir sama dengan alergi, bedanya kalau bercak yang di sebabkan gejala tipes memerlukan beberapa kali kontak dan konsentrasi zat pada taraf tertentu di mana kulit tidak akan mengalami bercak merah yang lumayan lama sehingga terjadilah reaksi iritasi yang ditandai dengan kulit kemerahan.

4. Mengalami Kelelahan

Saat daya tahan tubuh kita menurun akibat capai, tubuh bisa terkena infeksi. Namun, perlu diingat, infeksi terjadi bukan hanya karena capai, melainkan juga harus ada kuman yang masuk, itu pun masih tergantung jumlah dan keganasan kuman itu sendiri. Oleh sebab itu, jagalah daya tahan tubuh sebaik-baiknya karena infeksi apa pun bisa terjadi bila daya tahan tubuh menurun.

5. Batuk Kering 

Pernahkah Anda mengalami batuk kering ? jika Anda pernah mengalaminya atau lagi mengalaminya sekarang, hati- hati jangan sampai di abaikan oleh Anda. Karena batuk kering yang juga merupakan salah satu dari gejala penyakit tipes. Namun perlu Anda ketahui juga, batuk kering juga dapat di sebabkan oleh gejala penyakit lain. Batuk kering yang di sebabkan oleh penyakit tipes, gejala tersebut disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.

6. Sakit Perut 

Sakit perut adalah rasa sakit yang muncul di antara bagian dada dan panggul. Penderita sakit perut bisa merasakan sensasi kram, pegal, dan tertusuk di area perut. Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut. Sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius, tapi ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya salah satunya adalah gejala tipes. Sakit perut juga merupakan salah satu gejala tipes yang harus Anda waspadai. Jadi jika Anda mengalami sakit perut Anda harus segera mengetahui gejala dan penyebabnya, karena sakit perut yang Anda derita bisa saja merupakan gejala dari penyakit tipes.

7. Pegal – Pegal

Penyebab pegal, linu, dan nyeri di bagian kaki, tangan, pinggang, kepala, dan bagian tubuh lainnya biasanya karena otot kurang relaksasi. Dampaknya pada tubuh pun bisa lebih parah. Seperti, tidak nafsu makan, tidak bergairah, atau terserang penyakit lain seperti tipes. Penyakit tipes, memang memiliki beberapa gejala termasuk pegal – pegal di bagian badan.

Masa inkubasi bakteri penyebab Tipes pada umumnya adalah 7 hingga 14 hari. Ini adalah rentang waktu antara bakteri pertama memasuki jaringan tubuh hingga gejala pertama muncul. Sebaiknya kita dapat mengenali sedini mungkin gejala dari penyakit Tipes ini. Hal ini karena bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, kondisi orang yang mengalami sakit Tipes dapat memburuk dalam beberapa minggu bahkan dapat mengalami komplikasi yang dapat mengancam jiwa.

Itulah 7 gejala awal penyakit tipes yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah terjadinya bakteri yang dapat menyebabkan tipes menyerang Anda, sebaiknya Anda melakukan pola makan dan hidup sehat mulai dari sekarang karena itu merupakan salah satu pencegahan penyakit tipes. Semoga Artikel yang telah kami tulis dapat bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya.

Baca Juga : 5 Obat Tradisional Untuk Penyakit Tipes

Posted By : Obat tipes paling Ampuh

 Kenali 7 Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa

 

Please follow and like us:
20

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *