Gejala Demam Tipes Yang Harus Anda Ketahui

Gejala Demam Tipes Yang Harus Anda Ketahui

 

Penyakit tipes adalah salah satu penyakit yang patut kita waspadai, karena penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat terkena penyakit tipes, anak – anak maupun balita mereka juga dapat terkena penyakit tipes ini. Pada dasarnya penyakit tipes di sebabkan oleh bertumbuhnya bakteri salmonella typhi di dalam tubuh.

Gejala Demam Tipes Yang Harus Anda Ketahui  –  Bakteri salmonella typhi merupakan faktor utama penyebab terjadinya penyakit tipes. Namun ada juga beberapa penyebab yang membantu perkembangan bakteri tersebut diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang olah raga, memakan makanan yang tidak sehat atau yang telah terkontaminasi bakteri akan semakin meningkatkan resiko orang terkena penyakit tipes.

Ada beberapa ciri yang dapat dilihat jika seseorang terkena penyakit tipes, sebelum penyakit tipes ini betul – betul telah bersarang dalam tubuh. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda mulai hidup sehat dan berpindah pada makanan yang belum terkontaminasi bakteri penyebab tipes.

Berikut adalah gejala awal yang sering di jumpai ketika demam tipes mengenai seseorang di antaranya sebagai berikut :

  • Demam – merupakan salah satu gejala penyakit tipes, Namun ada juga beberapa penyakit yang memiliki gejala demam. Demam ini akan meningkat secara bertahap tiap hari dari minggu pertama. pada kasus yang sering terjadi demam biasanya akan naik pada malam hari saja, dan secara otomatis pada siang hari demam akan menurun dengan sendirinya.
  • Kehilangan Nafsu Makan – Pada banyak kasus, hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit, yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit. Nafsu makan akan kembali normal setelah penyakit tersebut pergi. Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu Gejala dari demam tipes. Jadi jika Anda kehilangan nafsu makan bisa saja Anda terkena gejala demam tipes.
  • Sakit Perut – Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut. Sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius, tapi ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. Salah satunya adalah sakit perut yang di sebabkan oleh gejala demam tipes. Penyakit tipes juga memiliki gejala sakit perut gejala tersebut dapat di rasakan pada tahap awal saat terkena bakteri penyebab tipes.
  • Batuk Kering – Keluhan batuk merupakan salah satu gejala adanya gangguan pada saluran pernapasan. Keluhan batuk ini kemungkinan bisa disebabkan akibat terkena penyakit tipes. Batuk kering akibat terjadi kurangnya cairan yang masuk dalam tubuh, keluhan tersebut dapat di rasakan setelah bakteri penyebab tipes masuk dan telah menyebar dalam tubuh.
  • Penurunan Berat Badan – Tifus atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai Demam tifoid memang dapat membuat berat badan turun. Berat badan yang turun pada saat mengalami tifus dapat disebabkan karena turun nya asupan makanan, dan mungkin terjadi diare pada saat tifus. Namun biasanya setelah tifus sudah sembuh, berat badan biasanya akan meningkat kembali seiring dengan bertambahnya nafsu makan.

Beberapa gejala di atas merupakan gejala yang harus Anda waspadai. Kasus tipes yang di alami oleh seseorang seringkali terlambat di diagnosis dan baru di ketahui setelah bakteri penyebab tipes menyebar dan masuk sehingga sangat susah untuk diobati. Penyakit tipes seringkali menimbulkan gejala yang berbeda – beda, untuk itu Anda harus lebih waspada terhadap gejala awal penyakit tipes.

Kelima gejala di atas merupakan gejala yang harus Anda waspadai, karena gejala – gejala tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya demam tipes. Semoga dengan berprilaku hidup sehat dan selalu mewaspadai gejala di atas, Anda dapat terhindar dari penyakit tipes yang bisa menyerang kapan pun dan dimana pun.

Please follow and like us:
20

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *