Bintik Merah Setelah Demam ? Mungkin Itu Gejala Tipes

Bintik Merah Setelah Demam ? Mungkin Itu Gejala Tipes

Penyakit tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang di sebabkan oleh adanya bakteri Salmonella Typhi yang berkembang biak di dalam tubuh manusia. Penyakit tipes seringkali membuat penderitanya lemas tidak berdaya dan harus dirawat di rumah sakit. Ya memang gejala tipes kerap membuat penderitanya tidak sanggup melakukan aktivitas seperti biasa.

Gejala tipes biasanya berkembang dalam jangka waktu satu sampai dua minggu setelah infeksi bakteri tipes terjadi. Gejala-gejala tersebut dapat bervariasi bergantung pada jenis infeksi tipes yang diderita.

Gejala sakit tipes
Gejala sakit tipes yang paling mudah dikenali ialah demam tinggi. Demam biasanya akan memburuk di malam hari. Kondisi ini biasanya akan membaik dalam rentang waktu 3 sampai 5 hari jika penderita langsung mendapatkan perawatan. Selain demam tinggi, gejala sakit tipes juga biasanya disertai gejala berikut:

1. Pusing atau sakit kepala
2. Tubuh lemas dan berkeringat
3. Berat badan berkurang
4. Nafsu makan menurun
5. Muncul bintik bintik kecil berwarna kemerahan atau ruam pada kulit
6. Diare dan konstipasi

Kemunculan penyakit tipes ini tentu tidak boleh diremehkan begitu saja. Pasalnya, penyakit yang juga dikenal sebagai demam tifoid ini sangat mudah menular dan jika tak segera diobati bisa memicu komplikasi penyakit lain.

Bakteri jenis Salmonella Typhi umumnya ditemukan pada tempat-tempat yang tercemar, urine dan tinja. Bakteri ini juga bisa menyebar lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi, seperti buah dan sayuran mentah yang dihinggapi lalat, daging mentah, produk susu olahan, ikan yang diperoleh dari sungai kotor, dan sebagainya.

Penyakit tipes ini lebih sering menyerang masyarakat di negara berkembang. Berdasarkan sebuah studi berjudul “The Global Burden of Typhoid Fever” yang dipublikasikan dalam site WHO.int, diperoleh fakta yang menunjukkan bahwa penyakit ini lebih banyak menyerang negara berkembang dibandingkan negara maju.

Komplikasi dari sakit Tipes

Sekitar 10% pengidap Tipes menderita komplikasi. Komplikasi terjadi ketika orang yang mengalami sakit Tipes terlambat atau tidak diobati dengan antibiotik yang tepat. Seperti yang telah Luvizhea.com sebutkan diatas, komplikasi terjadi rata-rata tiga minggu setelah infeksi. Komplikasi yang paling umum terjadi adalah sistem pencernaan yang mengalami pendarahan dalam dan infeksi yang menyebar ke jaringan sekitarnya hingga mengakibatkan usus atau sistem pencernaan pecah.

Orang yang mengalami sakit Tipes dengan kondisi pendarahan dalam biasanya akan merasakan gejala-gejala seperti merasa lelah sepanjang waktu, sesak napas, muntah darah, kulit pucat, denyut jantung tidak teratur, dan tinja berwarna hitam pekat.

Umumnya pendarahan dalam akibat Tipes ini tidak mengancam nyawa. Walaupun demikian, transfusi darah mungkin dibutuhkan untuk mengganti hilangnya darah dari tubuh. Selain itu, Operasi juga mungkin diperlukan untuk memperbaiki kerusakan pada daerah yang mengalami pendarahan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Dibawah

5 Obat Tradisional Untuk Penyakit Tipes

Manfaat Daun Pegagan Bagi Penderita Penyakit Tipes

Posted By : Obat Tipes Paling Ampuh

Bintik Merah Setelah Demam ? Mungkin Itu Gejala Tipes

Please follow and like us:
20

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *